makanan nutrisi tinggi
makanan nutrisi tinggi

Makanan yang sehat dan bergizi merupakan yang paling baik untuk si Kecil. Berbagai kandungan nutrisi di dalam makanan sehat bisa membantu si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal. Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat dengan kandungan nutrisi tinggi yang biasa diberikan pada si Kecil. Beberapa di antaranya seperti ikan, telur, susu, dan lain sebagainya. Namun ternyata masih banyak makanan nutrisi tinggi yang juga bisa Anda berikan pada si Kecil agar mereka tidak merasa bosan. 

Tidak hanya sehat dan bergizi saja, makanan-makanan ini juga lezat sehingga anak pasti lahap memakannya. Langsung saja berikut ini, adalah makanan bernutrisi tinggi yang mungkin tidak Anda ketahui:

Blueberry

Blueberry setidaknya mengandung 15 jenis fitonutrien yang berperan sebagai antioksidan. Fungsinya yaitu untuk melindungi hampir semua sistem yang ada di tubuh manusia. Antioksidan mampu menjadi pelindung bagi tubuh dari kerusakan sel, otot, dan jaringan. Selain itu, antioksidan juga penting untuk kesehatan otak dan jantung.

Oatmeal

Oatmeal sering kali menjadi makanan yang disantap ketika pagi hari. Kandungan sertanya yang tinggi baik untuk sistem pencernaan si Kecil. Selain itu, oatmeal jua mampu membuat si Kecil lebih kenyang sepanjang hari. Sajikan bersama madu agar lebih menarik dan mengguggah selera.

Alpukat

Banyak yang menyebutkan bahwa alpukat adalah satu dari tiga jenis makanan paling sehat di dunia. Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin C, K, B5, dan B6. Selain itu, alpukat juga mengandung potasium dan serta yang membantu menjaga sistem pencernaan.

Salmon dan Sarden

Ikan memang dikenal sebagai salah satu makanan bernutrisi tinggi yang baik dikonsumsi oleh anak-anak. Namun sama halnya seperti sayur, tidak semua ikan memiliki kandungan nutrisi yang padat dan melimpah. Salmon dan sarden merupakan jenis ikan yang kaya akan nutrisi. Beberapa kandungan penting pada salmon dan sarden yaitu magnesium, omega 3, selenium, potasium, dan vitamin B.

Almond

Almond adalah keluarga kacang-kacangan yang juga menjadi superfood atau makanan super. Salah satu jenis kacang ini memiliki kandungan penting seperti serat, kalsium, protein, vitamin E, riboflavin, magnesium, dan fosfor. Kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan tulang.

Pisang

Pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana setiap 100 gram pisan, setidaknya terkandung 2,6 gram serat. Selain itu, pisang yang belum matang atau berwarna hijau mengandung karbohidrat yang bekerja seperti serat atau sering disebut resistant starch. Bukan hanya serat saja, pisang memiliki kandungan kalium, vitamin B6, dan vitamin C yang tinggi.

Yogurt

Yogurt adalah makanan yang tidak hanya lezat namun juga sehat untuk dikonsumsi. Makanan ini baik untuk kesehatan pencernaan karena memiliki kandungan probiotik. Selain itu, ada beberapa kandungan lain seperti zinc, fosfor, vitamin B12, kalium, dan kalsium. Berikan yogurt sebagai camilan sehat untuk si Kecil.

Ubi

Umbi-umbian ini biasanya dimasak dengan cara dikukus atau dibakar. Setelah dimakan dan masuk ke tubuh, kandungan yang ada di dalam makanan ini akan diproses menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan tulang. Kandungan lain yang dimiliki ubi yaitu kalium, vitamin C, B6, dan mangan.

Itulah makanan nutrisi tinggi yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Berikan pada si Kecil dengan jumlah yang tepat agar nutrisi yang didapatkan lengkap dan seimbang. Pastikan si Kecil mendapatkan nutrisi baik berupa karbohidrat, protein, mineral, vitamin, maupun lemak yang cukup. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memilihkan makanan sehat untuk si Kecil dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here