kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Menjalankan dua aktivitas secara bersamaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Contohnya saat Anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Pasalnya, dua kegiatan ini memerlukan waktu dan juga tenaga yang ekstra. Jadi, Anda harus siap dengan berbagai hal-hal yang mungkin akan membuat Anda lelah saat menjalankannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, kedua aktivitas tersebut masih bisa dijalankan secara bersamaan asalkan Anda mengetahui triknya. Nah, berikut ini, kami akan menjelaskan tipsnya kepada Anda agar bisa menjalankan kedua aktivitas ini secara optimal.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

1.  Memilih Institusi Pendidikan yang Dekat

Dekat yang dimaksud di sini yaitu, jaraknya tidak jauh dari tempat kerja, atau dari tempat tinggal Anda. Tujuannya agar Anda bisa memangkas waktu dan tenaga pada saat mengakses tempat belajar. Pertama-tama, silahkan survey terlebih dahulu tempat kuliah terdekat sebelum mencari tempat yang jauh.

2.  Pilih Institusi Pendidikan yang Tepat

Saat ini, ada banyak sekali institusi pendidikan yang tersebar di berbagai daerah. Namun, sebelum memilihnya, pastikan institusi pendidikan yang dipilih terbuka untuk Anda yang ingin kuliah sambil. Silahkan cari informasi institusi pendidikan yang terbuka bagi para karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan.

3.  Pilih Fakultas Sesuai Keahlian

Jangan asal memilih fakultas. Sebaiknya pilihlah fakultas sesuai dengan keahlian Anda. pertama-tama, kenali terlebih dahulu bergerak dalam bidang apa profesi yang saat ini sedang Anda kerjakan. Misalnya, jika Anda seorang admin di suatu perusahaan, maka pilihlah fakultas yang sama sesuai bidang profesi Anda.

Kenapa harus disesuaikan? Pasalnya, nantinya Anda berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Karena, bisa saja setelah lulus nanti, Anda direkomendasikan untuk kenaikan gaji atau menjabat di posisi yang lebih tinggi.

4.  Belajar Untuk Mengoptimalkan Waktu

Membagi waktu antara kuliah dan kerja bukan perkara yang mudah. Meskipun jadwal kuliah Anda tidak akan mengganggu pekerjaan, namun Anda harus tetap belajar untuk dapat mengoptimalkannya. Pasalnya, dengan membagi waktu, Anda bisa mengoptimalkan keduanya tanpa harus ada yang dikorbankan.

5.  Pastikan Jadwal Kuliah Tidak Mengganggu Pekerjaan

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda tidak boleh mengorbankan salah satunya. Anda tidak boleh mengorbankan pekerjaan demi kuliah, begitu sebaliknya. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui jadwal kuliah terlebih dahulu. Pastikan jadwalnya tidak berbenturan dengan pekerjaan Anda.

Selain itu, Anda pun harus meminta izin kepada pihak perusahaan. Pasalnya, tidak semua perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk kuliah. Maka dari itu, pertimbangkanlah hal ini terlebih dahulu.

Kuliah Sambil Kerja di IDS

Untuk Anda yang sedang mencari institusi pendidikan yang bisa untuk menjalankan aktivitas bekerja dan kuliah secara bersamaan, IDS Digital College bisa menjadi pilihannya. Institusi pendidikan yang satu ini cocock sekali untuk Anda yang ingin menggeluti pekerjaan dan menjalankan kuliah secara bersamaan.

IDS Digital College adalah institusi pendidikan di bidang ilmu komputer untuk Anda yang ingin mendapatkan gelar Strata 1 atau S1. Fakultasnya pun tergolong lengkap. Fakultasnya meliputi cyber security, mobile apps, hingga software engineer. Silahkan pilih sesuai dengan bidang yang ingin Anda geluti.

Kesimpulan

Perlu kesiapan yang matang, dan juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memilih melanjutkan pendidikan sambil bekerja. Melalui tips-tips di atas, sedikit banyaknya kini Anda bisa mengetahui bagaimana cara membagi waktu dan juga mengoptimalkan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan.

Berencana untuk kuliah sambil kerja? Sebelum memulai, pastikan Anda mengetahui tips-tips yang akan kami bagikan di sini. Tips yang akan bagikan, akan bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan kedua aktivitas tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here