Cincin Berlian Wanita Asli
Cincin Berlian Wanita Asli

Untuk Anda yang wanita, Anda pasti gemar sekali mengoleksi perhiasan. Ada berupa- rupa jenis perhiasan yang dapat dijadikan koleksi mulai dari anting, kalung, bros, dan cincin. Begitu pula dengan jenis batu yang digunakan bisa dalam bentuk berlian. Namun, Anda perlu waspada. Karena batu berlian bernilai cukup tinggi, banyak oknum yang membuat imitasinya. Berlian palsu atau imitasi ini bahkan dapat terlihat sangat mirip dengan berlian aslinya.

Anda jangan sampai tertipu dan rugi karena membeli berlian palsu. Lalu, bagaimanakah cara membedakannya? Anda tak perlu datang ke ahli permata untuk mengeceknya. Anda dapat melakukkannya sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mengetahui apakah model cincin berlian wanita asli atau palsu.

model cincin berlian wanita asli
model cincin berlian wanita asli

1.Periksa dengan loupe

Untuk membedakan sebuah cincin berlian itu asli atau palsu, hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni melihat sisi tepi berlian. Anda sebaiknya menggunakan loupe atau kaca pembesar agar melihatnya dengan jelas dan detail. Bila sisi tepi berlian tersebut terlihat tajam dan tidak sempurna, berlian tersebut berkualitas baik atau bisa disebut asli. Karena untuk pemasangan batu pada perhiasan, dibutuhkan proses sehingga tepi tajam berlian akan tidak sempurna. Sementara itu, berlian yang palsu memiliki tepian yang cenderung bulat.

2. Gosok dengan amplas

Berlian merupakan logam yang paling keras di bumi sehingga memiliki tekstur yang keras. Kekerasannya mencapai 10 skala MOS sehingga menjadikannya kuat dan tidak mudah pecah. Untuk menguji suatu berlian itu asli atau palsu, Anda dapat mengamplasnya. Bila berlian itu tergores walaupun hanya gesekan ringan, dapat dipastikan berlian tersebut palsu. Berlian palsu biasanya terbuat dari cubic zirconias yang sangat mudah tergores dan pecah.

3. Tes embun

Cara selanjutnya untuk menguji suatu model cincin berlian wanita asli atau palsu yaitu dengan mengetes embun atau fog test. Caranya adalah dengan hembuskan nafas ke arah berlian atau letakkan saja di depan mulut Anda. Berlian yang palsu akan segera menghasilkan embun dalam hitungan detik, sementara berlian asli tidak. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan berlian asli memiliki konduktivitas panas yang baik sehingga embun akan menghilang dengan cepat.

4. Lihat bayangan

Cobalah memperhatikan bayangan berlian dengan cara melihatnya lurus dari atas. Bila Anda menjumpai warna berlian seperti warna pelangi, sangat besar kemungkinan berlian tersebut berkualitas rendah atau palsu. Sedangkan berlian asli memiliki warna bayangan putih dan kelabu. Hal ini dikarenakan batu berlian pada dasarnya merefleksikan cahaya melalui sisi- sisinya sehingga refleksi ini yang menjadikan berliat terlihat berkilauan.

5. Tes koran

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menguji apakah berlian tersebut asli atau palsu yakni dengan melakukan tes koran. Berlian asli tidak akan tembus pandang, karena berlian membiaskan cahaya yang menyebabkan tingkat biasnya sangat tinggi. Jika Anda menaruh berlian di atas koran atau tulisan dan dapat terbaca dengan jelas, sudah pasti berlian tersebut palsu. Berlian yang asli memiliki struktur yang sulit ditembus oleh cahaya sehingga akan sulit untuk membaca sebuah tulisan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui model cincin berlian wanita asli atau palsu. Pastikan Anda berhati- hati sebelum membelinya. Untuk referensi, Anda dapat melihat- lihat berlian yang cantik di Mondial Jeweler.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here