kalung emas
kalung emas

Memiliki perhiasan bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya, perhiasan emas ini adalah investasi yang meyakinkan, untuk mempercantik diri misalnya. Namun, merawat perhiasan emas seperti kalung emas ternyata ada kiatnya tersendiri. Simak tulisan berikut baik-baik.

Merawat perhiasan yang berbahan dasar emas tidak boleh disamakan dengan merawat benda lain. Merawat perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, hingga anting yang berbahan dasar emas memiliki beberapa hal khusus yang harus dipertimbangkan. Setiap orang pasti ingin agar perhiasan emasnya tetap berkilau walau sudah tidak baru lagi. Ini dia cara-cara mudah yang bisa diterapkan untuk merawat perhiasan emas agar tetap berkilau seperti ketika baru membelinya.

Kiat Mudah Merawat Perhiasan Berbahan Dasar Emas

kalung emas
kalung emas

Kiat-kiat di bawah ini merupakan kiat mudah untuk merawat berbagai perhiasan berbahan dasar emas mulai dari cincin, anting-anting, gelang, hingga kalung emas.

Dilepas Jika Tidak Digunakan Untuk Hal Penting

Khususkan perhiasan emas untuk digunakan dalam keadaan tertentu saja. Misal, digunakan ketika menghadiri acara pernikahan, menghadiri acara wisuda, dan acara penting lainnya. Perhiasan berbahan dasar emas cenderung akan memudar cepat jika terpapar dengan kondisi sehari-hari seperti sinar matahari, debu, dan lainnya. Selain keadaan tertentu tersebut, sebaiknya emas disimpan di wadah yang kering dan tidak lembap. Tidak sering-sering mengenakan perhiasan emas juga mampu meminimalkan tindakan yang tidak diinginkan seperti liontin yang hilang dan semacamnya. 

 Wadah Penyimpanan Perhiasan Emas

Wadah penyimpanan perhiasan emas seperti cincin, liontin, dan sebagainya juga harus dipilih dari bahan yang tepat. Sangat tidak disarankan untuk menyimpan perhiasan emas dari wadah yang berbahan dasar besi. Hal ini dikarenakan bahan besi lambat laun akan mengalami korosi atau pengaratan, sehingga mampu memengaruhi perhiasan emas Anda untuk cepat pudar. Usahakan menyimpan perhiasan emas di wadah atau kotak perhiasan yang dilapisi kain dan memisahkannya dari penyimpanan perhiasan lainnya.

Lepas Perhiasan Saat Berolahraga

Jangan membiasakan menggunakan berbagai perhiasan emas seperti kalung emas terlebih saat berolahraga. Berolahraga dan melakukan aktivitas yang mampu mengeluarkan keringat berlebih bisa menyebabkan kalung berbahan dasar emas Anda cepat pudar sebab keringat mengandung zat asam yang mampu menghilangkan daya kilau dari perhiasan emas.

Merendam di Air Sabun

Jika perhiasan emas sudah telanjur memudar, cara yang paling efektif adalah membawanya ke tukang sepuh emas atau ke toko emas. Namun, sebelumnya, Anda dapat melakukan peremajaan cepat dan mudah dengan merendamnya di dalam air sabun selama sekitar tiga menit. Kemudian dilanjutkan dengan menyikatnya secara lembut dengan sikat gigi. Setelahnya lap menggunakan handuk yang lembut agar tidak memberikan luka goresan pada perhiasan emas. Perlu diingat bahwa jangan menggunakan air mendidih saat membersihkannya agar tidak merusak perhiasan emas.

Tidak Menggunakannya Ketika Mandi

Sangat dianjurkan untuk melepas perhiasan seperti kalung yang terbuat dari emas ketika mandi. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung di dalam shampoo, sabun, hingga pasta gigi mampu memudarkan kilau yang terpancar dari perhiasan emas yang Anda gunakan. Sama seperti ketika Anda menggunakan makeup, bahan kimia yang terkandung di dalam perias Anda juga mampu menghilangkan kilau dari perhiasan emas yang Anda miliki. Karena itulah, disarankan untuk melepaskannya ketika sedang mandi.

Itulah lima cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar perhiasan Anda mulai dari cincin hingga kalung emas tetap berkilau seperti ketika baru membelinya dari toko emas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here