Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Protein juga sangat berperan dalam pembentukkan massa otot. Selain itu, tubuh memerlukan protein untuk daya tahan tubuh dan mendapatkan energi. Tingginya kebutuhan tubuh terhadap protein mendorong seseorang untuk  lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi protein. Ada banyak jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

Makanan laut merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein. Banyak sekali makanan laut yang dapat kita jadikan pilihan. Banyak jenis ikan laut yang mengandung protein cukup tinggi. Ikan tuna  merupakan jenis ikan laut yang kandungan proteinnya paling tinggi yaitu 22 gram dalam 3 ons. Sedangkan ikan salmon mengandung 19 gram protein dalam  3 ons. Selain mengandung protein yang tinggi, ikan laut juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain jenis ikan tersebut, udang juga merupakan sumber protein yang cukup tinggi.  Udang kaya akan kalsium dan protein yang sangat tinggi. kandung protein dalam udang adalah 20,3 gram dalam setiap  100 gr udang mentah. Protein yang terkandung dalam udang merupakan protein yang lengkap karena mengandung asam amino yang tinggi.

Kepiting juga terkenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. kepiting baik dikonsumsi oleh orang – orang yang memerlukan kebutuhan protein yang cukup tinggi, misalnya anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kepiting mengandung asam lemak asensial, zat besi, kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Namun demikian, kepiting mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

Kandungan protein yang ada dalam ikan teri juga patut diperhitungkan. Ikan kecil yang satu ini memiliki kandungan protein sebanyak 10 %. Ternyata ukuran ikan kecil ini tidak menjadi ukuran penghalang untuk memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Selain kaya manfaat, ikan ini juga cukup familiar di masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau.

Demikian beberapa hewan laut yang dapat dikategorikan sebagai makanan tinggi protein. Selain itu, masih banyak makanan lain yang mengandung protein tinggi. namun tidak semua makanan kaya protein terbebas dari lemak yang merugikan. Selektif dalam mengonsumsi makanan dapat membantu memperoleh nutrisi yang tepat bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here