nutrisi otak

Impian terbesar dari para orang tua adalah memiliki anak yang cerdas dan sehat disetiap proses tumbuh kembangnya. Kecerdasan seseorang adalah mutlak diberikan oleh Sang Pencipta kepada setiap HambaNya, dan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak memang berbeda-beda.

Namun, sudah seharusnya kita manusia terutama para orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan si kecil tumbuh dengan otak yang cerdas.

nutrisi otak

Dalam proses perkembangannya, otak memerlukan nutrisi yang penting untuk membantu cara kerjanya agar berjalan dengan optimal. Nutrisi otak ini terdapat dalam beberapa makanan yang dikonsumsi si kecil yang juga dapat berpengaruh pada hasil kerja otak anak itu sendiri.

Adapun makanan yang bisa dijadikan nutrisi otak yang sebaiknya di konsumsi oleh anak adalah sebagai berikut :

  • Ikan salmon, yang memiliki kandungan asam lemak terbaik yaitu omega 3 (DHA dan EPA) yang sangat berperan penting terhadap tumbuh kembang otak anak dan mampu meningkatkan tingkat kecerdasan anak. Kandungan omega 3 pada ikan salmon ini lebih tinggi dibandingkan dalam jenis ikan lainnya.
  • Telur, yang dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk diberikan pada anak. Selain itu, telur juga mengandung kolin, yaitu zat yang bisa menambah daya ingat anak.
  • Kacang-kacangan, yang mengandung karbohidrat kompleks protein yang dapat memberikan energi lebih lama pada anak sehingga membantu meningkatkan konsentrasi dan berpikir pada anak. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung omega 3, khususnya ALA yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.
  • Sayuran berwarna, seperti wortel, tomat, bayam, ubi jalar, dan ubi merupakan jenis sayuran yang kaya akan nutrisi atioksidan yang dapat mebuat sel-sel otak menjadi lebih sehat dan kuat.
  • Susu dan yogurt. Produk susu dancow merupakan minuman yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan otak agar berkembang dengan baik dan optimal. Susu dan yogurt ini mrupakan dua jenis nutrisi otak yang dapat membuat anak merasa kenyang sehingga tingkat konsentrasi dan daya ingat anak mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Lengkapi nutrisi yang diperlukan oleh otak si kecil dengan selalu memberikannya makanan empat sehat lima sempurna, agar ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here