kesehatan wanita
kesehatan wanita

Kesehatan wanita merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga, tidak hanya fokus pada kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan reproduksi juga harus terawat. Untuk menjaga kesehatan reproduksi ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui, di antaranya.

Semua wanita di dunia ini pasti sudah paham, bahwa kesehatan wanita harus dijaga. Tidak hanya kesehatan pada mental saja, tetapi kesehatan fisik pun harus terjaga. Dan pada bagian yang sangat penting lainnya pada wanita adalah kesehatan reproduksi.

Karena dengan menjaga kesehatan wanita terutama reproduksi tubuh wanita itu sendiri, berarti mereka juga menjaga kesehatan calon bayi dan pasangan. Dan hal tersebut dapat dimulai dari pilihan-pilihan sederhana sehari-hari yang menjadi gaya hidup Anda sendiri.

Secara umum, organ reproduksi wanita itu sendiri meliputi vagina, rahim, tuba falopi, dan ovarium. Organ reproduksi pada wanita memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam hubungan seksual, produksi sel telur, melindungi serta menjadi tempat sel telur berkembang, hingga dalam proses persalinan. Oleh sebab itu kesehatan reproduksi harus sangat dijaga pastinya. Berikut ini ada beberapa hal penting yang dapat menjadi referensi tepat untuk mencermati berbagai hal yang dapat direncanakan untuk menjaga kesehatan reproduksi. Di antaranya adalah:

Perencanaan Kehamilan

Setiap wanita pastinya ingin merasakan hamil, oleh karena itu kehamilan yang direncanakan akan sangat membantu ibu untuk mempersiapkan berbagai aspek fisik maupun mental.  Sehingga calon bayi yang diidamkan dapat memiliki tumbuh kembang yang lebih sehat serta  mengurangi risiko gangguan kesehatan, terutama pada kesehatan reproduksi wanita.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Kesehatan reproduksi pada wanita harus dimulai dengan kemampuan untuk melindungi diri sendiri dari penyakit menular seksual. Dan penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom salah satunya dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia, yang menjadi salah satu penyebab utama infertilitas pada wanita.

Dengan menggunakan alat kontrasepsi dapat juga membantu mengurangi risiko kehamilan yang tidak direncanakan. Ada banyak sekali pilihan kontrasepsi yaitu kontrasepsi hormonal, intrauterine, penghalang, hingga sterilisasi. Dan yang paling penting adalah tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan pada tubuh sendiri terutama reproduksi, pastinya harus memperhatikan asupan makanan yang masuk setiap hari. Cukup dengan mengkonsumsi aneka sayuran, buah, gandum atau biji-bijian utuh, protein, serta lemak sehat, seimbang kan kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak, agar nutrisi yang dikonsumsi lengkap serta seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Masih banyak lagi faktor dan hal-hal yang bersangkutan dengan menjaga kesehatan wanita pada bagian reproduksi. Namun inti dari semuanya adalah tergantung pada gaya hidup dan pola pikir yang sehat. Jangan lupa untuk selalu memeriksa reproduksi Anda dan konsultasi pada dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here