Anda mempunyai mobil yang biasa menemani aktivitas sehari-hari yang super padat, jangan hanya digunakan saja tanpa melakukan perawatan apapun. Menjaga performa mobil tetap prima sangat penting, biar kendaraan kesayangan ini tetap awet dan siap digunakan buat menghadapi tantangan aktivitas sehari-hari.

Salah satu perawatan mendasar yang harus rutin dilakukan adalah ganti oli secara rutin. Tapi, sudahkah Anda memilih oli mobil terbaik? Pelumas mesin sangat dibutuhkan buat menjaga gesekan yang terjadi antar komponen di dalam mesin mobil. Jadi, performanya tetap terjaga, awet, dan tetap ngacir saat digeber di jalan.

oli motor matic terbaik
oli motor matic terbaik

Saat ini di pasaran ada beberapa jenis oli yang umumnya dipakai, yaitu Full Synthetic dan Semi Synthetic. Jenis oli Full Synthetic seperti yang diusung oleh Federal Mobil Lubricants kerap menjadi pilihan.

Mari kita simak perbedaannya:

Oli Full Synthetic

Pelumas oli mobil terbaik berjenis full synthetic sebenarnya memiliki bahan dasar yang sama dengan pelumas jenis lainnya, yaitu hasil olahan minyak bumi. Tapi, proses pembuatannya dilakukan lebih sempurna karena bahan dasarnya masih melalui pengolahan kembali lagi dan diseleksi yang terbaik lewat tahapan yang panjang. Oli ini dinilai lebih baik daripada jenis Semi Synthetic dan Mineral karena bebas dari karbon reaktif yang biasanya masih ditemui dari kedua jenis oli tersebut. Karbon reaktif bisa menghasilkan asam, oksigen, dan logam berat lainnya yang pastinya bakal mempengaruhi kinerja mesin mobil kesayangan.

Oli Semi Synthetic

Jenis oli mobil terbaik yang satu ini memiliki bahan komposisi campuran antara oli Mineral dan Full Synthetic. Presentasenya sendiri berbeda-beda yang ditawarkan tiap produsen, tapi kebanyakan adalah 70% Mineral dan 30% Full Synthetic. Oli Semi Synthetic ini memang lebih baik dalam merawat mesin kalau dibandingkan dengan Mineral Oil. Harganya pun lebih terjangkau kalau dari jenis Full Synthetic. Tapi, perawatan mesin yang diberikan nggak sebaik oli Full Synthetic. Kandungan karbon aktif yang masih cukup tinggi dalam jenis oli ini bisa berisiko negatif pada kondisi mesin mobil Anda.

Tapi, sudahkah Anda memilih oli mobil terbaik? Pelumas mesin sangat dibutuhkan buat menjaga gesekan yang terjadi antar komponen di dalam mesin mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here