otak anak
otak anak

Otak anak masih sangat baik menangkap stimulus dan pembelajaran di tahun pertama kehidupannya. Oleh karena itu orang tua wajib memperhatikan asupan nutrisi dan perkembangan buah hati sejak di dalam kandungan. Sebab nutrisi sangat berpengaruh terhadap berat badan bayi yang juga akan menghambat perkembangan otak dan menjadi rentan dari berbagai penyakit. 

Pemerintah juga kian mencanangkan program 1000 hari pertama kehidupan kepada masyarakat agar memenuhi gizi yang baik selama 1000 hari tersebut. Pasalnya kualitas manusia ditentukan pada masa emas tersebut. 

Keterangan foto tidak tersedia.

Di dalam kurun waktu 2 tahun, orang tua wajib berusaha agar bayi tidak mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan badan. Selama enam bulan pertama bayi hanya diberikan ASI eksklusif untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya. Seorang ibu harus didukung oleh suami, keluarga dan lingkungan agar mampu melalui fase menyusui hingga bayi berusia 2 tahun. 

Setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan barulah diberi makanan pendamping air susu ibu atau MP-ASI. Makanan harus diberikan secara perlahan, bertahap dan penuh kesabaran dengan cara memberikan satu per satu bahan makanan. Agar ibu bisa memprediksi kemungkinan bayi alergi terhadap bahan makanan tertentu, yang sangat berbahaya bila tidak ditemukan sejak dini. 

Di usia 2 hingga 6 tahun, anak wajib mengkonsumsi makanan dengan densitas gizi yang tinggi protein. Misalnya karbohidrat kompleks, protein hewani, sayuran, serta buah-buahan secara lengkap. Tak hanya itu, perlu diperhatikan juga jumlah asupan gula, garam dan lemak. Yang kurang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak

Selain itu, pola makan anak harus diimbangi dengan aktivitas fisik seperti berlari, melompat dan lainnya yang menggerakkan seluruh anggota tubuh. Hal ini sangat baik untuk mencegah obesitas serta agar otak dan organ lainnya  dapat berkembang dengan baik. Sesuai dengan usia yang juga akan berpengaruh terhadap kemampuan belajarnya kelak. 

Anak juga sangat dianjurkan meminum susu yang mengandung kolin, nukleotida, serta vitamin D seperti pada susu Wyeth S-26. Yang akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh anak. Serta berperan penting untuk merangsang perkembangan otak anak secara maksimal. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here