Orang yang memiliki visi hidup yang jelas dan terarah, akan memiliki banyak perencanaan dalam kehidupannya. Mereka menganggap bahwa perencanaan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan demi mencapai berbagai tujuan yang diinginkannya. Gagal dalam membuat sebuah perencanaan sejatinya anda sedang merencanakan sebuah kegagalan di masa yang akan datang.

Ya, begitulah pentingnya sebuah perencanaan. Banyak sekali hal yang harus anda rencanakan, dan di antara sekian banyak jenis perencanaan tersebut, perencanaan keuangan adalah salah satunya. Membuat sebuah rencana keuangan akan membuat anda memiliki control dan pengendalian terhadap keuangan yang anda miliki saat ini.

perencanaan keuangan
perencanaan keuangan

Keuangan keluarga memang harus kita atur sedemikian rupa agar semuanya menjadi lebih efektif dan efisien. Perencanaan keuangan untuk orang yang sudah memiliki keluarga akan sangat berbeda dengan perencanaan keuangan untuk orang yang belum memiliki keluarga atau lajang.

Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan tips efektif dalam membuat sebuah perencanaan keuangan keluarga yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Bangun komunikasi dan keterbukaan dengan anggota keluarga anda khususnya istri anda. Seharmonis dan serasi apapun sebuah pasangan, pasti akan ada banyak perbedaan. Termasuk konsep dan pola dalam mengelola keuangan. Nah, perbedaan tersebut tidak akan jadi masalah besar apabila sejak awal sudah ada pembicaraan dan kesepakatan satu sama lain. Itulah pentingnya komunikasi dan keterbukaan ketika membuat perencanaan keuangan bersama.
  2. Membuat tabungan bersama. Tips perencanaan keuangan lainnya adalah buat satu arus pengeluaran dengan cara membuka tabungan bersama. Dengan membuka tabungan bersama maka pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol dengan mudah.
  3. Mencatat pengeluaran setiap bulan. Ini adalah satu hal yang sering terlewatkan dan dianggap sepele saat melakukan perencanaan keuangan. Padahal, mencatat pengeluaran per bulan sangat membantu untuk menghitung dan melihat apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan bisa dipotong di bulan depannya. Intinya, catatan ini berguna agar keuangan lebih terpantau.
  4. Sisihkan sebagian dana untuk investasi. ada dasarnya, melakukan perencanaan keuangan tidak hanya sekedar mengelola keluar masuknya uang, namun juga harus ada rencana finansial jangka panjang. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan berinvestasi bersama pasangan.

Salah satu langkah nyata dalam membuat sebuah perencanaan keuangan yang efektif dalam keluarga anda adalah dengan memilih bank terpercaya ketika anda hendak membuka tabungan bersama. Gunakan produk perbankan berbasis teknologi dari bank yang anda pilih tersebut.

Untuk mewujudkan perencanaan keuangan yang efektif tersebut, anda bisa memilih dan menggunakan aplikasi jenius dari BTPN. Dengan Jenius, anda bisa mengatur dan mengontrol berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here