perhiasan berlian asli

Perhiasan berlian asli yang Anda miliki pasti menjadi salah satu investasi berharga Anda. Selain Anda harus merawat dengan membersihkannya dengan baik dan benar, Anda juga sebenarnya harus mengetahui bagaimana cara menyimpannya dengan baik dan benar pula.

Alasannya tentu agar kondisi perhiasan berlian asli Anda tetap sempurna ketika akan digunakan lagi atau ketika akan dijual kembali. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menyimpan perhiasan berlian Anda dengan benar. Hal ini dilakukan agar perhiasan Anda tetap berkilau dan juga menghindari kemungkinan adanya kerusakan.

Berikut beberapa tipsnya :

perhiasan berlian asli
Perhiasan berlian asli

1. Peraturan Umum Pertama

Sebagai tips pertama adalah perhiasan Anda harus menjadi hal terakhir yang Anda pakai sebelum Anda meninggalkan rumah. Sedangkan ketika Anda sampai di rumah, perhiasan Anda merupakan hal pertama yang Anda lepas. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kontak berbahaya yang mungkin terjadi dengan bahan kimia baik di udara atau di kulit Anda.

2. Bersihkan Setelah Setiap Penggunaan

Ketika Anda mengenakan perhiasan berlian asli Anda, zat dari keringat, pelembab, parfum dan  krim tabir surya dapat menyebabkan reaksi kimia dalam perhiasan Anda terutama ketika bersentuhan untuk waktu yang lama. Yang disarankan untuk mencegah korosi akibat zat tersebut adalah melepasnya saat Anda menggunakan bahan kimia berbahaya.

Namun seringnya setelah melepaskan saat menggunakan pelembab atau parfum biasanya berakhir lupa untuk memasangnya kembali. Cara lainnya adalah dengan menyeka perhiasan Anda dengan kain kering yang lembut seperti kain pembersih kacamata dan jangan gunakan tisu karena dapat menggores permukaan dari perhiasan berlian Anda.

3. Simpan Perhiasan di Kantong Plastik Kedap Udara

Salah satu faktor yang berkontribusi terbesar untuk memberikan noda pada perhiasan Anda adalah kelembaban. Sebagai tips, Anda dapat menyimpan perhiasan Anda dengan cara menyimpannya secara terpisah dalam kantong plastik kecil. Seperti menggunakan tas Ziplock dengan mengeluarkan semua udara didalamnya, jangan sampai plastiknya menggelembung.

4. Jauhkan dari Air, Panas dan Sinar Matahari

Saran atau tops selanjutnya adalah dengan menjauhkan perhiasan Anda dari air seperti dengan melepas semua perhiasan sebelum mandi, mencuci piring atau berenang untuk menghindari kerusakan akibat. Selanjutnya juga hindari sinar matahari dan panas langsung. Panas langsung dan sinar matahari dapat menyebabkan perhiasan Anda memudar sebelum waktunya.

Batu berlian khususnya akan menjadi kusam setelah periode paparan yang lama. Simpan perhiasan Anda jauh dari sinar matahari melalui jendela atau panas dari radiator.

5. Gunakan Clear Nail Varnish

Beberapa jenis cincin dapat memunculkan warna hijau di jari Anda setelah penggunaan berulang.  Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia antara keringat di bawah pita cincin. Sebenarnya, tembaga adalah penyebab utama, bahkan ketika digunakan sebagai campuran dalam cincin.  Selain itu Sterling silver juga dapat menyebabkan reaksi ini.

Sebagai tips atau cara cerdas untuk mencegah masalah yang umum ini adalah dengan melapisi bagian dalam cincin Anda dengan lapisan tipis pernis kuku bening.  Dijamin, meskipun Anda tidak akan bisa melihat atau merasakannya, lapisan tersebut akan bertindak sebagai penghalang juga pelindung guna menyelamatkan jari Anda dari noda hijau tersebut dan pastinya cincin tidak ternoda.

Itulah beberapa cara dalam menyimpan perhiasan berlian asli yang mungkin bisa Anda terapkan di rumah. Mengoleksi perhiasan sebagai salah satu bentuk investasi yang sesekali juga dapat digunakan dalam acara tertentu ini penting untuk didukung dengan cara menyimpannya dengan baik dan benar. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here