Jenis Bahan Bangunan
Jenis Bahan Bangunan
  • Pilihlah semen yang berkualitas

Semen merupakan jenis bahan bangunan yang utama yang sangat penting untuk membuat pondasi, seperti plesteran, acian, hingga pemasangan keramik. Semen yang memiliki kualitas yang terbaik memiliki tekstur yang lembut. Selain itu butirannya dapat terurai dan lembut ketika disentuh.

Hindarilah membeli semen yang sudah mualai menggumpal, atau keras. Anda bisa memilih semen yang bermerek yang sudah dikenal banyak orang. Seperti Semen Tiga Roda. Semen jenis ini sudah banyak digunakan oleh para kontraktor bangunan untuk membuat berbagai jenis bangunan.

Jenis Bahan Bangunan
Jenis Bahan Bangunan
  • Pilihlah pasir yang bagus

Pasir merupakan kebutuhan penting dalam proses pembangunan rumah. Ciri- ciri pasir berkualitas ditandai dengan rendahnya kandungan lumpur. Setidaknya pasir yang bagus memiliki kandungan lumpur kurang dari 5%. Lumpur yang bercampur dengan pasir bisa membuat ikatan semen dan pasir jadi tidak lagi kuat.

  • Pilihlah batu yang baik untuk pondasi.

Batu yang baik untuk pondasi adalah batu belah, dimana batu ini merupakan hasil dari pecahan batu bulat yang berukuran besar. Batu belah ini ada yang berupa batu hitam atau batu putih kecoklatan. Batu ini biasanya didapat dari daerah sakitar gunung berapi aktif atau di kawasan perbukitan. Alasan mengapa batu belah bagus untuk pondasi karena bentuk belahannya yang saling mencengkram kuat satu sama lain.

  • Pilihlah Kayu yang kokoh

Kayu berfungsi sebagai bahan kasi, kusen, pintu, penyangga kaca jendela, dan juga batang jendela. Kayu yang berkualitas baik memiliki kadar air di bawah kisaran 20% dan cukup kuat menahan beban ataupun getaran tumbukan yang mendadak. Selain itu, kayu tersebut juga harus tidak mudah rusak dan cukup kuat untuk mengambil beban. Jenis kayu ini dapat mengurangi resiko pelapukan dan tidak mudah aus akibat proses mekanik.

  • Gunakan batu bata yang berkualitas dengan tekstur keras

Batu batu yang berkualitas memiliki ciri- ciri, jika diketuk bagian permukaannya akan mengeluarkan suara yang nyaring dan saat diangkat terasa ringan dengan pori- pori yang padat.

Itulah 5 poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih jenis bahan bangunan agar bangunan rumah Anda kokoh dan tidak mudah rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here