Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Hampir sebagian besar orang sudah mengetahui dengan eksitensi berlian dan harganya yang cukup mencengangkan saking mahalnya. Meski begitu, tak sedikit pula yang suka membeli atau bahkan mengoleksi perhiasan berlian asli ini. Padahal, harga satu karatnya saja untuk berlian asli berkualitas tinggi bisa dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Nah, jika Anda masih pemula dan belum terbiasa dengan jual beli berlian, sebaiknya berhati-hatilah agar tidak tertipu berlian palsu. Sebelum benar-benar terjun untuk membeli atau mengoleksi berlian, pastikan dulu Anda sudah paham ilmunya dan pernah melihat dan menyentuhnya. Jika sudah cukup yakin bisa membedakan mana yang asli dan palsu, barulah Anda bisa mulai mengoleksinya.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

6C Mengenai Perhiasan Berlian Asli 

Perhiasan berlian bisa dijadikan apa saja seperti cincin, kalung, anting dan lain sebagainya. Namun, paling sering memang dipesan untuk sebuah cincin baik untuk koleksi atau acara tertentu. Untuk pembeli pemula, sebaiknya Anda pahami dulu 6C mengenai berlian asli, antara lain:

1.Carat atau Karat

Dalam membeli perhiasan, carat adalah sebuah tolak ukur yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Berapa carat perhiasan ini? mungkin sudah jadi pertanyaan wajib bagi hampir semua pembeli perhiasan berlian atau perhiasan lainnya. Carat itu sendiri menjelaskan berat perhiasan yang akan Anda beli dan juga semakin besar caratnya maka semakin bagus kualitasnya dan mahal harganya.

2.Color atau Warna

Tahukah Anda bahwa perhiasan berlian tidak hanya berwarna putih bening seperti kristal? Ada banyak jenis berlian dengan warna lain yang disebut dengan fancy color diamond. Nah, untuk berlian yang memiliki warna biasanya susah didapatkan dan harganya pasti mahal serta tidak bisa ditebak. Beberapa pilihan warna yang biasanya ditawarkan oleh penjual berlian adalah pink, merah, biru dan lain sebagainya.

3.Clarity atau Kemurnian

Bagi Anda yang suka mengoleksi perhiasan berlian, sebaiknya clarity atau kemurnian berlian harus selalu terjaga dengan baik. Pastikan Anda sudah tahu tentang cara menyimpang dan merawat perhiasan berlian koleksi Anda. Jika ceroboh, berlian bisa kehilangan kemurniannya dan membuatnya mudah tergores. Meski goresan pada berlian bisa dihilang, namun tidak semuanya bisa kembali seperti semula.  

4.Cutting atau Proses Pemotongan

Cutting adalah proses pemotongan bentuk berlian dan kualitas cutting itu sendiri memberi pengaruh pada kualitas berlian, terutama pada shiny nya. sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda perhatikan baik-baik kondisi cuttingnya apakah sudah proporsional atau belum. Desain berlian dengan cutting yang buruk akan menghasilkan kilauan yang buruk pula, karena kecacatan cutting.

5.Certificate atau Sertifikat

Bagi mereka yang sudah terbiasa mengoleksi atau jual beli perhiasan berlian, pasti sudah paham tentang sertifikat berlian. Penjual perhiasan berlian yang profesional, pasti memiliki berlian bersertifikat sebagai bukti kualitasnya. Biasanya, sertifikat ini akan muncul untuk pembelian berlian dengan ukuran tertentu, bahkan meski hanya berukuran 0,2-0,3 karat.

6.Confidence atau Kepercayaan Diri

Nah, yang terakhir, sebagai pemakai Anda harus percaya diri untuk menunjukkan jati diri dan memilih berlian yang sesuai dengan selera. Dengan begitu, proses jual beli hingga saat memakai pun Anda akan lebih terlihat yakin dan percaya diri.

Itulah informasi seputar 6C yang harus diperhatikan pada perhiasan berlian asli yaitu Carat, Color, Clarity, Cutting, Certificate dan Confidence. Enam hal tersebut akan membantu Anda lebih jeli dalam memilih perhiasan berlian yang tepat dan sesuai dengan selera Anda. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here