kartu kredit
kartu kredit

Masyarakat modern sangat identik memiliki credit card. Namun perlu diperhatikan penggunaan credit card agar tidak kebablasan dalam penggunaannya. kartu kredit merupakan ” kartu sakti”  bagi sebagian orang namun penggunanya harus diawasi. berikut akan dipaparkan tips menggunakan credit card dengan cermat agar masyarakat semakin paham mengenai manfaat dan kegunaannya,serta tidak terjerat hutang bunga yang memberatkan. 

Tips Menggunakan credit card dengan Cermat akan menjelaskan bagaimana menggunakan credit card dengan baik tanpa harus terikat hutang bunga yang memberatkan. Penggunaan credit card ibarat dua sisi mata pisau. Di sisi lain sangat memudahkan, namun di sisi lain sangat memberatkan dengan pembayaran cicilan di akhir transaksi. 

Berikut ini akan dipaparkan tips – tips penggunaan kartu kredit, diantaranya :

  1. Segera lunasi hutang credit card saat jatuh tempo. 

Membayar hutang saat jatuh tempo sangatlah baik daripada menunda – nunda pembayaran hutang. Selain menjadi semakin bertumpuknya hutang, maka akan dibebankan denda yang membuat hutang semakin meningkat. Walau demikian, ada beberapa fasilitas dari credit card yang hanya membayar limit minimum saja.

Namun disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut dikarenakan sisa hutang yang ada masih harus dibayar, sisa hutang tersebut akan semakin bertambah dengan adanya bunga dan denda. Oleh sebab itu, disarankan untuk melunasi sejumlah uang sesuai tagihan pada saat jatuh tempo atau sebelumnya. 

2. Gunakan credit card sesuai dengan limit

credit card terdapat 3 jenis yaitu silver, gold, platinum. Setiap jenis credit card tersebut memiliki limit masing – masing.. Agar tidak terjerat hutang bunga di kemudian hari, sebaiknya gunakan credit card sesuai dengan fasilitas limit yang diberikan oleh bank penerbit. 

3. Jangan memberikan credit card pada sembarang orang. 

Banyak kasus dunia perbankan mengenai pengguna credit card yang bermasalah. Hal tersebut bisa disebabkan penggunaan credit card bukan oleh orang yang bersangkutan. Contohnya :Tuan A memiliki credit card dengan limit 10 juta. Tuan A meminjamkan credit card tersebut pada tuan B.. Sementara tuan B menggunakan credit card tuan A melebihi batas limit dan tidak membayarnya saat jatuh tempo.

Di pihak perbankan nama yang tercantum adalah nama tuan A, sehingga tuan A ditagih oleh pihak perbankan atas transaksi yang tidak pernah dilakukannya. Oleh sebab itu, berhati – hatilah dalam memberikan credit card. 

4. Gunakan credit card sesuai kebutuhan 

Kebutuhan dan keinginan adalah 2 hal yang berbeda. Harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya ketika akan membeli sebuah barang harus dipastikan lagi apakah barang tersebut benar – benar dibutuhkan atau diinginkan. Mengontrol keinginan jauh lebih baik Agar tidak berbelanja sesuatu yang tidak penting yang hanya membuang uang. Gunakan credit card disaat ada kebutuhan mendesak saja. 

5. Jangan gunakan credit card untuk membeli barang konsumtif. 

Barang konsumtif adalah barang yang dibeli untuk keperluan sendiri yang seiring waktu akan berkurang nilainya, dan barang tersebut tidak untuk dijual kembali. credit card merupakan ‘ kartu sakti’ saat berbelanja, namun jika menggunakan credit card hindari membeli barang konsumtif. Karena jika menggunakan credit card untuk membeli barang konsumtif. Hal tersebut akan membuat seseorang semakin ‘lapar mata’,  dengan menggesek sana – sini. Tanpa disadari hutang semakin menumpuk. 

Demikian beberapa tips dalam menggunakan credit card. Memiliki credit card memang memberikan keuntungan tersendiri. Namun jika salah dalam penggunanya justru akan memberatkan dengan hutang yang semakin bertumpuknya. Maka dari itu pelajari tips menggunakan kartu kredit dengan cermat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here