Gadget Pada Anak

Saat ini gadget sudah menjadi tidak asing lagi pastinya berhubungan dengan teknologi zaman sekarang yang sudah semakin canggih membuat jarak yang semakin jauh bisa menjadi lebih dekat dan mudah.

Gadget ini memang memiliki ukuran yang lebih praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana seperti laptop atau notebook dan telepon seluler atau hape.

Apalagi sekarang ini semua usia sudah menggunakan gadget di setiap harinya dari mulai anak balita sampaiorang dewasa.

Namun yang menjadi ironis adalah pengguna gadget sudah berada di tangan anak – anak yang setiap waktu dari pagi sampai malam terus menggunakan gadget tersebut dan itu akan ada dampak gadget terhadap anak balita secara tidak langsung.

Sebagai orang tua tentu harus selektif lagi dalam memberikan gadget terhadap anak –anaknya, sebab jika anak balita khususnya dibiarkan begitu saja menggunakan gadget tersebut maka akan menimbukan dampak yang kurang baik walaupun memang tidak semua menimbulkan dampak kurang baik ada saja dampak positif yang akan didapat jika di atur oleh orang tuanya.

Berikut ini dampak gadget terhadap anak balita jika balita diberikan sangat bebas menggunakan gadget :

  1. Bisa menghambat perkembangan anak. Gadget ini akan menghambat perkembangan anak dalam bersosialisasi dengan orang lain akan berkurang sebab sangat focus pada gadget yang dimilikinya. Sebab kebanyakan pengguna gadget pada anak kebanyakan hanya digunakan untuk bermain game saja sehingga perkembangannya tidak akan signifikan.
  2. Menutup Diri dari orang lain. Inilah dampak yang kedua gadget bisa membuat orang lebih suka menggunakan gadgetnya dari pada bergaul dengan teman – temannya dan bahkan akan menimbulkan rasa cuek terhadap orang yang ada disekitarnya termasuk kepada orang tuanya.
  3. Kesehatan akan terganggu sejak dini. Khususnya kesehatan mata pada anak akan merasa terganggu sebab mata sering mengalami kelelahan karena seringnya menggunakan gadget itu sendiri.
  4. Susah untuk tidur pada waktu malam. Dari keasyikan menggunakan gadget maka anak akan terus bermain dan akan sulit untuk tidur malam secara teratur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here