Teknologi Pertanian
Teknologi Pertanian

Perkembangan dari Teknologi Pertanian memang sangat dibutuhkan oleh para petani di seluruh pelosok dunia. Salah satu negara yang sukses dalam pertaniannya adalah Jepanh. Salah satu kunci sukses dari negara Jepang dalam menyediakan produk berkualitas khususnya di bidang makanan berkualitas dengan kuantitas yang memadai adalah penggunaan teknologi pertaniannya.

Kondisi tanah di Jepang tidak sebagus Indonesia. Disamping itu luas lahan pertanian yang mereka miliki juga hanya 25% dari seluruh wilayahnya. Dilihat dari latar belakang tersebut tentu negara jepang mempunyai resep khusus kenapa pertaniannya dapat menghasilkan bahan pangan yang berkualitas.

Teknologi yang mereka miliki untuk bidang ini memang sangat lengkap, yakni mulai dari teknologi untuk proses penanaman hingga proses panen. Itulah kunci yang membuat negara tersebut dapat menghasilkan produk berkualitas dengan kuantitas yang banyak pula.

Disamping itu, kekompakan antara Perudahaan Swasta, Pemerintah dan juga Universitas (peneliti) dalam membangun sinergi pertanian memang sangat bagus. Mereka juga ikut andil besar didalam kesuksesannya. Berikut ini beberapa contoh Teknologi Pertanian Jepang yang canggih yang mungkin bisa dijadikan referensi para petani Indonesia untuk berkembang:

  1. Pembibitan Padi

Awal kenapa hasil bumi mereka bisa berkualitas adalah adanya Rekayasa Genetika bibit. Teknologi ini memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa negara, tapi satu-satunya negara yang sangat memaksimalkan rekayasa genetik tersebut adalah Jepang.

2. Penanam Padi

Apabila di negara Indonesia mayoritas petaninya masih menggunakan cara manual, Jepang sudah memakai mesin penanam padi yang cukup canggih. Dengan menggunakan alat ini maka proses penanaman padi bisa lebih mudah, cepat dan rapi. Sebenarnya Indonesia juga sudah memiliki mesin yang serupa. Namun sayangnya alat tersebut belum banyak digunakan oleh para petani ditanah air.

3. Pemeliharaan Padi

Penyemprotan vitamin serta perawatan lainnya di Jepang hanya membutuhkan waktu sekitar 20-35 menit. Hal tersebut dapat terjadi karena mesin yang dipakai sangatlah praktis dan mudah. Di Jepang, proses perawatan tersebut bisa dilakukan oleh satu orang saja.

Itulah beberapa Teknologi Pertanian Jepang yang canggih yang bisa ditiru para petani di seluruh pelosok dunia. Dengan perkembangan teknologi pertanian saat ini, tentu bisa mempermudah para petani dalam melakukan pekerjaan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here