penyebab alergi pada bayi

Jangan anggap sepele permasalahan alergi pada bayi. Pasalnya, jenis alergi ini cukup beragam. Ada jenis alergi ringan dan juga yang berat dan berbahaya. Kenali penyebab alergi pada bayi sejak dini agar Anda bisa membantu mencegah dan juga mengatasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk Anda yang bingung cara mengetahui penyebabnya, berikut ini akan kami coba bahas secara detail kepada Anda hanya di artikel ini.

5 Penyebab Alergi yang Harus Diwaspadai

penyebab alergi pada bayi
penyebab alergi pada bayi

Setidaknya ada 5 penyebab umum yang harus diwaspadai terkait penyebab alergi pada si kecil. Kenali terlebih dahulu agar bunda bisa mengatasi dan melakukan pencegahan dini. Adapun penyebab-penyebabnya yaitu seperti:

  • Alergi yang diakibatkan oleh faktor keturunan yang diturunkan oleh salah satu atau kedua orangtuanya.
  • Alergi yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang bersih.
  • Alergi yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi si kecil.
  • Alergi akibat gigitan serangga.
  • Alergi akibat penyakit-penyakit tertentu.

Gejala Alergi yang Harus Diketahui

Banyak orang yang masih sulit cara membedakan mana alergi dan mana penyakit kulit. Pasalnya, kedua penyakit ini sama-sama berpengaruh pada kulit. Adapun gejala-gejala umumnya yang biasa terjadi pada bayi yang alergi adalah sebagai berikut:

  • Timbulnya ruam pada bagian kulit, hingga mengakibatkan kulit menjadi merah.
  • Bengkak pada wajah, bibir dan lidah.
  • Diare.
  • Gatal-gatal yang disertai dengan adanya bilur-bilur seperti bekas luka.
  • Bersin-bersin atau batuk-batuk.
  • Sesak nafas.
  • Dalam kasus yang lebih berat bisa mengakibatkan pingsan.

Atasi Alergi Anak dengan Cara Ini

Beberapa jenis alergi ringan bisa Anda sembuhkan sendiri tanpa harus meminta bantuan medis. Berikut telah kami rangkum apa saja cara-cara untuk mengatasi alergi pada bayi:

1.  Kenali Penyebabnya

Langkah pertama untuk mengatasi alergi adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pastikan Anda ketahui apa yang menjadi penyebabnya. Baik itu karena lingkungan yang kurang bersih, makanan, atau faktor keturunan. Penyebab-penyebabnya sudah kami bahas di atas.

2.  Proses Mengatasi Alergi Sesuai Penyebab

Setelah mengetahui penyebabnya, atasi alergi sesuai dengan penyebab yang sudah Anda ketahui. Misalnya, jika si kecil alergi akibat makanan, sebaiknya hentikan memberi mereka makanan tersebut. Dengan begitu, alergi pada anak bisa diatasi secara mudah dan juga optimal.

3.  Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Area tempat tinggal adalah faktor penting yang dapat menyebabkan alergi pada bayi. Dengan menjaga kebersihan tempat tinggal, bunda bisa mencegah sekaligus mengobati alergi pada kulit si kecil.

Debu dan kotoran bisa menjadi faktor alergi si kecil. Selain itu, tempat tinggal yang jarang dibersihkan juga rentan terdapat serangga yang suatu waktu bisa menggigit buah hati kesayangan Anda.

4.  Hindari Bersentuhan dengan Alergen

Alergen merupakan bahan-bahan yang dapat menyebabkan si kecil alergi. Jika si kecil sering alergi jika terkena barang-barang atau hal tertentu, sebaiknya bunda hilangkan alergen yang dapat membuat si kecil alergi. Usahakan agar mereka tidak lagi bersentuhan dengan hal tersebut.

Contohnya seperti bulu kucing. Pada beberapa orang, bulu kucing bisa menyebabkan alergi. Maka hindarilah bulu kucing agar si kecil tidak alergi.

5.  Kunjungi Dokter Terdekat

Jika alergi tak kunjung hilang, atau malah semakin parah, kami sarankan untuk pergi ke dokter. Ahli kesehatan akan memeriksa kondisi kulit dan jenis alergi yang menimpa si kecil. Lalu mereka akan memberikan obat dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Itulah berbagai penyebab alergi pada bayi dan juga cara mengatasinya. Jika si kecil alergi, bunda tidak perlu khawatir. Silahkan ikuti langkah di atas untuk mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here